Pedoman Hidup Kita (Al-Qur'an) !!!


Al-Qur’an merupakan kitab suci sekaligus pedoman hidup bagi umat Islam di dunia. Al-Qur’an memiliki makna secara harfiah yakni bacaan. Bagi umat Islam Al-Qur’an diyakini datangnya langsung dari Allas Swt, kepada Nabi Muhammad SAW, melalui Malaikat Jibril. Selama kurun waktu 22 Tahun, 2 Bulan, 22 Hari, Al-Qur’an diturunkan secara berangsur-angsur dimulai pada tanggal 17 Romadhon, ketika Nabi Muhammad SAW, berusia 40 Tahun sampai dengan wafatnya beliau pada Tahun 632. Diyakini bahwa Al-Qur’an merupakan puncak dari semua pesan (wahyu) yang disampaikan oleh Allah Swt, dari mulai awal terciptanya manusia pertama Nabi Adam AS, sampai dengan Nabi Terakhir yaitu Muhammad SAW. Semua tercantun didalam Al-Qur’an, sebagai umat Muslim kita wajib mengimani bahwa Al-Qur’an datangnya langsung dari sang pencipta.

Pedoman Hidup Umat Islam

Al-Qur’an juga merupakan salah satu pemberian Allah Swt, kepada Nabi Muhammad SAW, berupa mukjizat terbesar dan salah satu tanda dari kenabian yang dimiliki beliau. Al-Qur’an terdiri dari beberapa bab atau umat muslim lebih mengenalnya dengan sebutan surah dan di dalam setiap surah terdiri dari beberapa ayat. Kata Qur’an muncul sebanyak 70 kali dalam Al-Qur’an itu sendiri. Al-Qur’an memiliki surah sebanyak 114 surah, dengan total ayat sebanyak 6.236 ayat. Ayat pertama yang turun di muka bumi adalah Surah Al-‘Alaq ayat 1-5 disaat Nabi Muhammad SAW, sedang menyendiri di Gua Hiro. Malaikat Jibril yang mengatakan “Iqra (bacalah)”, kepada Nabi Muhammad lalu ia pun menjawab, “Aku tidak bisa membaca”. Hingga Malaikat Jibril mengulangi perkataannya hingga 3x namun Nabi Muhammad SAW, tetap berkata yang sama. Tubuh Nabi Muhammad menggigil ketakutan, kemudian dipeluklah Jibril dan berkata “Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu yang menciptakan, Dia telah mencitakan manusia dari segumpal darah, Bacalah, dan Tuhanmulah yang paling Pemurah, Yang mengajarkan manusia dengan pena, Dia mengajarkan kepada manusia apa yang belum diketahuinya.” (QS. Al-‘Alaq 1-5)
   
Al-Qur’an sendiri berisikan tentang sebuah petunjuk, dan juga beberapa kisah mengenai perjalanan para Nabi yang dijadikan sebagai contoh moral kehidupan. Allah telah berfirman kepada berbagai definisi mengenai Al-Qur’an serta terdapat penegasan di dalamnya bahwa tidak ada orang yang berani mengingkari Al-Qur’an kecuali dari golongan yang celaka. Beberapa pakar Ahli Barat memberikan sebuah Apresiasi kepada Al-Qur’an sebagai sebuah karya sastra Bahasa Arab terbaik di dunia. Sebagai umat Muslim patutlah kita bangga memiliki pedoman hidup yang langsung berasal dari Allah Swt. Kita seharusnya lebih mendalami lagi intisari dari setiap ayat Al-Qur’an, banyak sekali manfaat yang bisa kita pelajari di dalamnya. Yang paling penting dari membaca dan menelaah isi Al-Qur’an adalah mempertebal iman dan taqwa kita kepada Allah Swt, maha murah hati dan penyayang.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »