Hikmah sebuah Sholat Dhuha !!!


Hikmad sebuah Sholat Dhuha !!!

Sholat Dhuha merupakan anjuran dari Nabi Muhammad SAW dan juga memiliki banyak keistimewaan. Jika seorang muslim rutin dalam melakukan Sholat Dhuha setiap hari niscaya Allah akan mengabulkan keinginannya dan memberikan lapang rezeki kepadanya. Tata caranya sama seperti dengan pelaksanaan Sholat pada umumnya, yang membedakan hanya dalam waktu dan juga pelaksanaan Sholat-Nya saja yang berbeda. Sholat Dhuha ini, dilaksanakan mulai dari terbitnya fajar hingga tepat matahari ada di atas kepala, sekitar dari pukul 06.30 sampai dengan pukul 10.30 dan juga Sholat Dhuha dilaksanakan secara mandiri atau tidak dilakukan secara berjamaah. Kita juga diberikan banyak sekali keringanan dalam mengerjakan Sholat Dhuha yaitu kita dapat mengerjakannya dari mulai 2 rakaat hingga 12 rakaat, ada juga yang berpendapat bahwa boleh melakukan Sholat Dhuha sampai waktu Dhuha habis.

Berikut beberapa Manfaat dari melakukan Sholat Dhuha,

  • Menjadi Sedekah kita

Rosulullah SAW bersabda didalam HR Muslim yang memiliki arti,

“Setiap pagi, ruas anggota tubuh kalian harus dikeluarkan sedekahnya. Amar ma’ruf adalah sedekah, nahi mungkar adalah sedekah, dan semua itu dapat diganti dengan Sholat Dhuha dua raka’at” (HR Muslim).

  • Sunnah yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW

Sholat Dhuha juga diwasiatkan Rosulullah SAW kepada Abu Hurairah untuk amal hariannya yang memiliki arti,

“Sholat Dhuha disunahkan berdasarkan firman Allah Swt, ‘Bertasbih bersama dia di waktu petang dan pagi.’ Ibnu Abbas menafsirkan Sholat istraq adalah Sholat Dhuha. Bukhari Muslim juga meriwayatkan hadist dari Abu Hurairah yang mengatakan bahwa,’Rosulullah pernah berwasiat tiga hal kepadaku: puasa tiga hari setiap bulan, Sholat Dhuha dua raka’at, dan witir sebelum tidur’.” (Muttagaq ‘Alaih)

  • Melapangkan Rezeki bagi kita

Rosulullah SAW bersabda didalam HR Muslim dan Ahmad yang memiliki arti,

“Allah ‘Azza wa Jalla berfirman: Wahai anak Adam, Sholatlak untuk-Ku sebanyak empat rakaat dari awal siang, niscaya akan Aku cukupi kebutuhanmu pada akhirnya.” (HR Muslim dan Ahmad)

  • Sarana mendapatkan Ampunan Dosa

Dalam HR At-Tirmidzi dan Ibnu Majah, Rosulullah pernah bersabda yang memiliki arti,

“Siapa yang membiasakan (menjaga) Sholat Dhuha, dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan.” (HR At-Tirmidzi dan Ibnu Majah)

  • Tidak Dicap sebagai orang yang Lalai

Dalam HR Al-Baihaqi dan An-Nasa’I, Rosulullah SAW pernah bersabda yang berarti,

“Orang yang mengerjakan Sholat Dhuha tidak termasuk orang lalai” (HR Al-Baihaqi dan An-Nasa’I)

      Dari pembahasan di atas semoga kita dapat mengamalkannya dan selalu mendapatkan kemudahan dan berkah dari apa yang sudah kita lakukan. 

Amien……


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »