Hikmah Sholat Tarawih Di Bulan Ramadhan



Sholat Tarawih dilakakukan satu kali setiap tahunnya yaitu tepat di Bulan Ramadhan selama satu bulan full. Sholat Tarawih dilakukan setelah Sholat Isya pada malam hari. Sholat yang satu ini tergolong ke-dalam Sholat Sunnah Muakad (mendekati wajib bagi umat muslim). Berikut merupakan pahala Sholat Tarawih di setiap Malam.

Hikmah Sholat Tarawih

  1. Pada Malam Pertama, keluarlah dosa orang mukmin bagi yang menjalankan Sholat Tarawih sebagaimana ibunya melahirkan dia.
  2. Pada Malam Kedua, bagi yang melaksanakan Ibadah Sholat Tarawih akan diampuni dosanya dan dosa kedua orang tuanya, apabila mereka mukmin.
  3. Pada Malam Ketiga, para malaikat akan menyerukan, “mulailah untuk melakukan amal kebajikan, maka Allah Swt akan mengampuni dosa-dosamu yang telah lalu” dari bawah ‘Arsy.
  4. Pada Malam Keempat, bagi yang melaksanakan Ibadah Sholat Tarawih akan mendapatkan pahala bagaikan orang yang membaca Kitab Taurat, Zabur, Injil dan Al-Qur’an
  5. Pada Malam Kelima, Allah Swt akan menganugerahkan pahala layaknya orang yang sedang melakukan Sholat di Masjidil Haram, Masjidil Nabawi, dan Masjidil Aqsa.
  6. Pada Malam Keenam, bagi seseorang yang melakukan Sholat Tarawih pada malam ini, maka Allah Swt akan memberikan kepadanya pahala seperti pahala orang Thowaf di Baitul Makmur dan Bebatuan akan memohonkan ampun baginya.
  7. Pada Malam Ketujuh, pahala yang akan didapatkan yaitu seakan-akan dia bertemu dengan Nabi Musa dizamannya dan menolongnya dari serangan bala tentara Fir’aun.
  8. Pada Malam Kedelapan, pahala yang akan didapatkannya yaitu Allah Swt akan memberikan segala sesuatu yang sudah diberikan-nya kepada Nabi Ibrahim AS.
  9. Pada Malam Kesembilan, Orang yang Sholat Tarawih pada malam ini maka akan diberikan pahala seperti pahala dari ibadah yang dilakukan oleh para Nabi
  10. Pada Malam Kesepuluh, Allah Swt akan memberikan kebaikan baik di dunia dan akhirat bagi orang yang melakukan Sholat Tarawih pada malam ini.
  11. Pada Malam Kesebelas, kelak ia akan keluar dari dunia (orang mati) seperti hari dimana dia baru lahir dari rahim ibunya.
  12. Pada Malam Kedua belas, pahala yang didapat berupa apabila terjadi kiamat, dia akan berjalan di hari Kiamat dengan wajah yang bersinar bagai rembulan saat terjadinya Bulan Purnama.
  13. Pada Malam Ketiga belas, saat Kiamat sudah datang, bagi orang yang melaksanakan Sholat Tarawih dia akan selamat dari berbagai macam keburukan
  14. Pada Malam Keempat belas, Malaikat akan menjadi saksi bagi seserang yang Sholat Tarawih pada malam ini, sehinga kelak saat di hari Kiamat dia tidak perlu dihisab (dihitung) amal baik-buruknya.
  15. Pada Malam Kelima belas, Seluruh Malaikat bersama-sama akan mendoakan selamat dunia akhirat bagi yang melaksanakan Sholat Tarawih di malam ini.
  16. Pada Malam Keenam belas, Allah Swt kelak akan menulisnya (dia yang Sholat Tarawih) termasuk kedalam golongan orang yang selamat dari api neraka dan mendapatkan keberuntungan masuk surga.
  17. Pada Malam Ketujuh belas, akan diberikannya pahala seperti pahala para Nabi.
  18. Pada Malam Kedelapan belas, para Malaikat akan berseru “Hai hamba Allah (Yang melakukan Ibadah Sholat Tarawih), sesungguhnya Allah Swt telah memberikan ampunannya kepadamu dan kepada kedua orang tuamu”
  19. Pada Malam Kesembilan belas, bagi yang melaksanakan Sholat Tarawih di malam ini. Allah Swt akan mengangkat derajad dia sampai Surga Firdaus.
  20. Pada Malam Kedua puluh, akan diberikannya pahala seperti orang yang mati syahid dan seperti orang-orang sholih.
  21. Pada Malam Kedua puluh satu, bagi yang melaksanakan Sholat Tarawih pada malam ini, Allah Swt akan membangunkannya sebuah rumah yang terbuat dari cahaya di dalam surga.
  22. Pada Malam Kedua puluh dua, bila Kiamat sudah tiba, orang yang melaksanakan Ibadah Sholat Tarawih akan selamat dari segala bentuk kebingungan dan kesusahan.
  23. Pada Malam Kedua puluh tiga, bagi yang melaksanakan Sholat Tarawih pada malam ini, Allah Swt akan membangunkannya sebuah kota di dalam surga.
  24. Pada Malam Kedua puluh empat, Allah Swt akan memberikan 24 Do’a yang pastinya akan dikabulkan.
  25. Pada Malam Kedua puluh lima, Allah Swt akan menghilangkan siksa kubur bagi mereka yang melakukan Ibadah Sholat Tarawih pada malam ini.
  26. Pada Malam Kedua puluh enam, Allah Swt akan meningkatkan baginya (orang yang melakukan Ibadah Sholat Tarawih) pahala selama 40 Tahun lamanya.
  27. Pada Malam Kedua puluh tujuh, saat tiba Hari Kiamat, orang yang melakukan Ibadah Sholat Tarawih pada malam ini akan melewati Jembatan Syiratal Mustaqiim seperti kilat yang menyambar.
  28. Pada Malam Kedua puluh delapan, Allah Swt akan mengangkat 1000 derajad baginya (orang yang melakukan Ibadah Sholat Tarawih) di dalam Surga.
  29. Pada Malam Kedua puluh sembilan, Allah Swt akan memberikan pahala baginya (orang yang melakukan Ibadah Sholat Tarawih) 1000 kali ibadah haji yang diterimanya.
  30. Pada Malam Ketiga puluh, Allah Swt berfirman, “Wahai hambaku makanlah buah surga, minumlah minuman surga, mandilah dari air surga, Aku Tuhammu dan Kamu hamba-Ku”


Semoga kita selalu senantiasa beribadah kepada Allah Swt. Amien……

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »